HaNaCaRaKa

April 20, 2007

Huruf Jawa atau sering disebut hanacaraka (diambil dari 5 huruf pertama) adalah tulisan yang dikenal oleh masyarakat jawa kuno. huruf ini konon berasal dari india utara, jadi pantas saja kalo mirip-mirip dengan tulisan india. Huruf hanacaraka terdiri dari 20 huruf yang sering disebut sebagai “aksara legana” atau dalam bahasa indonesia disebut huruf telanjang (aksara = huruf, legana = telanjang) huruf huruf tersebut adalah

HaNaCaRaKa Script

Menariknya huruf ini dalam urutan standart-nya jika diucapkan sebenarnya mengandung arti, pengucapannya begini

hana, caraka
data, sawala
padha jayanya maga bathanga.

yang artinya: “Ada pengikut (prajurit) yang bertentangan (berbeda pendapat) sama saktinya keduanya mati”. Ada semacam legenda yang menceritakan kisah dari Versi panjang dari cerita ini adalah

Pada jaman dahulu ada seorang raja yang mempunyai 2 orang pengikut setia, kedua-duanya adalah pengawal yang sangat sakti. karne gejolak didalam kerajaan nya, suatu hari sang raja memanggil salah satu pengawalnya dan menitipkan sebuah keris kepadanya dan berpesan “Pergilah bawalah keris ini, dan jangan berikan kepada siapapun selain aku”, setelah itu pergilah pengawal yang setia itu. beberapa tahun kemudaian sang raja memanggil pengawalnya yang lain dia memerintahkan untuk mengambil keris tesebut. Maka berangkatlah si pengawal tadi dan bertemu dengan temannya, ketika dia meminta keris tersebut temannya teringat akan pesan sang raja, bahwa siapapun yang mengambil keris tersebut selain dirinya tidak boleh. Maka keduanya ribut mempertahankan pendapat, dan kesetiaan mereka terhadap tugas yang diembannya, maka terjadilah pertarungan diantara keduanya, dan kerena kesaktian mereka yang seimbang, mereka saling bunuh dan kedua duanya mati. Kemudian sang raja menyesali ke keliruannya dan dia mengucapkan “hana(ana) caraka, data sawala padha jayanya maga bathanga”


Kembali ke aksara jawa, selain aksara legana terdapat beberapa huruf lain yang disebut “sandangan” dalam bahasa indonesia berarti Pakaian. Huruf sandangan ini membuat huruf dasar tadi lebih bervariasi, dalam bahasa indonesia bisa disamakan dengan konsonan.

Sandangan

Contoh (lihat table)
jika diberi wulu maka akan berubah menjadi : hi ni ci ri ki

Selain itu juga terdapat bermacam macam jenis huruf lain (Seperti angka, tanda baca, dll) yang membuat huruf hanacaraka dapat dipakai sebagai sarana penulisan dijaman dahulu. Oh ya aksara jawa juga dipakai di Bali, kayanya harus disebut aksara Bali, karena sepertinya sedikit berbeda dengan cara penulisannya.

Semoga artikel ini (walaupun tidak lengkap membahas) bisa menambah pengetahuan teman-teman :D . Terimakasih…

 

40 comments

1 Your Avatar   Chen Hendrawan { 04.21.07 at 4:18 am }

Nyumbang versi lain dari ceritanya ya :)

Ada seorang pengelana dari India bernama Ajisaka dan dua pengikutnya Dorha, dan Sembada, berlayar ke tanah Jawa. Sampai di tanah Jawa, Ajisaka dan seorang pengikutnya melanjutkan perjalanan darat menjelajah pulau Jawa lebih jauh. Sementara seorang lagi ditugaskan menjaga segala barang-barang bawaan mereka dari India dengan pesan: Hendaklah barang2 itu tidak diserahkan kepada orang lain kecuali jika Ajisaka sendiri yang mengambilnya.

Dalam pengelanaannya, Ajisaka bertemu seorang raja yang sangat bengis dan menaklukkannya. Raja tersebut terlempar ke laut dan menjadi buaya putih. Ajisaka menggantikannya sebagai raja di kerajaan tersebut.

Kemudian Ajisaka mengutus pengikut yang bersama dengannya untuk mengambil barang-barang yang masih ditinggal, sekaligus menjemput rekannya untuk tinggal bersama di kerajaan.

Selanjutnya sama seperti diatas, kedua pengikut tersebut sama-sama merasa harus memegang amanat yang diemban, sehingga bertengkar dan akhirnya gugur bersama.

Terus setahuku, caraka itu artinya utusan, bukan pengikut. Jadi “hana caraka” mungkin lebih tepat diartikan “ada utusan”, karena kedua orang tersebut memang diutus untuk mengemban sebuah amanat.

2 Your Avatar   oktaendy { 04.21.07 at 11:46 am }

Yup.. tentang Aji Saka yach.. kayanya itu lebih tepat hahahaha… sempet liat versi ketoprak (semacam drama) nya. cuma detail ceritanya gak inget. kayanya versi mu lebih bener.

Caraka = Utusan –> Setuju..!!

3 Your Avatar   kocu { 04.24.07 at 8:15 pm }

sing ngartos…

tapi emang mirip sih ama aksara bali, walaupun bahasa bali gw dulu selalu dapet dibawah 8 (hiks hiks), tapi rada2 inget dikit :p ejaannya ada beberapa yg beda.

kalian berguru dimana ya bisa tau begituan? :| lengkap dengan image lagi (^_^) salut buat okta untuk keseriusannya berbagi!

4 Your Avatar   arz { 11.19.07 at 4:09 am }

hallo mas, aku pingin di kirimi abjad jawa lengkap dengan sandangan/pasangan, huruf murdha dan cara menulis dan membacanya
oke mas terimakasih atas perhatiannya
aku tunggu balasanya
take care

5 Your Avatar   oktaendy { 11.19.07 at 9:32 am }

aku gak punya referensi yang lengkap. aku kirim seadanya yach..
via Japri aja. aku send ke alamat mailmu. :)

6 Your Avatar   airlang { 01.25.08 at 10:29 am }

selamt mas, sampeyan sampbun nguri-2 kabudayaan jawi.s kulo remen

7 Your Avatar   oktaendy { 01.25.08 at 12:57 pm }

matur nuwun…

8 Your Avatar   cah bagus { 03.04.08 at 10:39 pm }

baru tahu kalau ceritanya seperti itu.kalau hanacaraka dibalik bacanya apa misteri dibalik itu boss?

9 Your Avatar   oktaendy { 03.07.08 at 11:07 am }

kalo dibalik yach? wahh… blom tau tuh.. :D

10 Your Avatar   Anang S { 03.11.08 at 8:17 am }

thanks for sharing, aku sendiri ngga begitu paham hanacaraka itu, aku copy paste ah artikelnya…

11 Your Avatar   oktaendy { 03.11.08 at 10:05 am }

:D
silahkan….

12 Your Avatar   Panji { 06.22.08 at 9:33 pm }

Sahabat-sahabat, terima kasih info mengenai arti “caraka”-nya ya! Alhamdulilah, akhirnya ketemu juga. Thanks

13 Your Avatar   oktaendy { 06.24.08 at 3:07 pm }

:D
sama-sama

14 Your Avatar   ANDRI { 09.18.08 at 9:29 am }

itu hrus d percaya tentang ha na ca ra ka

15 Your Avatar   Waldy { 11.10.08 at 12:30 am }

Sorry, gue boleh minta tolong, tuliskan nama gue “Waldy” dan “Alfi” dalam tulisan Jawa Kuno … soalnya, gue neh orang Aceh yg pengen tau nama gue and nama temen gue kalo dalam tulisan Jawa kuno …
Thanx before

16 Your Avatar   penjahat { 12.12.08 at 9:36 am }

di huruf jawa apa ada makna magisnya?
kata orang kalau dibalik ” Ngo to bo gomo, …….” bisa menjadi mantra dan atau obat. bener ga?

17 Your Avatar   oktaendy { 12.12.08 at 7:49 pm }

Wadduhhh…
yang itu saya nda tau..
ilmunya blom nyampe hehehehe

18 Your Avatar   ipunkxordi { 02.01.09 at 12:12 pm }

boss ada translate basa jawa ga..?thanx

19 Your Avatar   denmas_agoenk { 03.25.09 at 3:49 pm }

menurt Mbah saya kalau ha na ca ra ka… di balik memang ada suatu kekauatannya, harus ada ritual puasa 3 hari (kurang tahu, ngebleng, pati geni atau ngrowol…) kmd di hari terakhir mengucapkan ha n ca ra ka dengan di balik sembari menunggu dan menghadap matahari terbit…infonya hanya sejauh itu saja. lainnya saya tidak tahu. nuwun.

20 Your Avatar   danardana { 05.14.09 at 9:58 am }

Anda2 bener semua bukankah Bali dulu asalnya dari Majapahit juga , yang konon lari ke pulau Bali karena nggak mau menerima Islam saat itu jadi logis kan Bali Jawa sama saja..dalam relief di candi Penataran rumah2 dan kebiasaan yang di gambarkan mirip sekali dengan keadaan di Bali saat ini (yang masih asli. bukan Bali modern) Sunda Jawa juga sama saja…kita ini memang satu.

21 Your Avatar   marhadi { 08.15.09 at 9:10 pm }

huruf kejayaan kita tempo dulu yang menunjukan bahwa di tanah Jawa ada budaya yang adiluhung. Dan sekarang tidak pernah dibanggakan (dituliskan) seperti dinegara-negara tetangga kita masih kita lihat untuk menulis di papan nama kantor, jalan dll. Mari kita bangga dengan masa lalu…..

22 Your Avatar   ozy { 10.27.09 at 12:55 pm }

kalo menurut pendapat ku… Ha Na Ca Ra Ka (ada (2) utusan) .. Da Ta Sa Wa La (saling berselisih paham/gelut/brantem) Pa Da Ja Ya Nya (sama sama kuatnya) Ma Ga Ba Tha Nga (sama sama sirna/mati/jadi bangkai) Keteranga tambahan : CARAKA=utusan SAWALA=Berselisih PADAJAYANYA=sama2 kuat BATHANGA=Bangkai…. hatur nuhun.. mudah2an nambah ilmunya

23 Your Avatar   nory { 06.09.10 at 8:00 pm }

hehehe bagus cemua ^^

24 Your Avatar   tegoehkusuma { 10.17.10 at 7:41 am }

“honocoroko…kuwi jare ono utusan,
“dotosowoLo… utusane podho kerengan.
“podhojoyonyo… podho kuat lan digdayane.
“mogobothongo… podho mati lan dadi bathange.

Mengandung pesan bhw manusia memiliki “dualisme” dlm mengemban tugas sbg utusan:
1.daya naLar/logika (ragawi),
2.daya spirituaL (bathin).
Keduanya selalu konflik dlm menyikapi hidup yg benar-baik-mulia.
Keduanya sama2 memiliki alasan yg kuat, antara kebutuhan (yg berkembang menjadi keinginan-kepuasan) ragawi dan jalan kebenaran-keselamatan.
Keduanya akan selesai pd waktunya ketika suksma (nyawa) pisah dr raga (bangkai).

Ajisaka (Aji: pengetahuan utama.
Saka: tiang/penyangga). bermakna; manusia perlu ngelmu (berpengetahuan) dan lelaku (keUtamaan-keberadaban) utk bekal perjalanan selanjutnya pasca suksma pisah raga.
Ngelmu dan Lelaku dimaksudkan utk mengetahui-merasakan sendiri (bukan dr KATANYA orang lain ataupun dongeng dr kitab2 yg dianggap suci) utk menyadari;
-kesadaran spirituaL.
-kesadaran alam semesta.
-kesadaran keberadaban sesama makhluk.

Salam Kasih PersaudaraaN.
* * * * *

25 Your Avatar   S surya { 11.14.10 at 9:44 am }

Adakah manfaat / kasiat huruf jawa

26 Your Avatar   kgo { 01.13.11 at 8:55 pm }

Seandainya masih banyak manusia Indonesia atau masyarakat Jawa umumnya mau melestarikan dan menyebarkan cara pandang dan etika masyarakat jawa yang sangat tinggi dan dapat mengamalkankannya dalam kehidupan sehari-hari dan tidak hanya menerima ilmu dan teknology modern saja. maka saya yakin kalau bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar. Selain itu pelajari dan simpanlah semua kebudayaan dari setiap daerah dengan melakukan estafet kepada generasi muda. Yang penting setiap daerah harus bangga dengan adat istiadat termasuk bangunan traditionalnya jangan hanya membuat bangunan-bangun beton yang akhirnya tidak dapat lagi dibedakan antara bangunan dari Jawa, Bangunan Madura, bangunan dari Bali dan yang lebih cilaka kalau sampai semua kebudayaan yang adanya nantinya lebih dikenal sebagai milik Malaysia.

27 Your Avatar   metaljoni { 01.25.11 at 10:08 pm }

hanacaraka menurut orang jawa adalah dino jangkep

28 Your Avatar   oktaendy { 04.15.11 at 9:58 am }

@nory
:)
thanks

@tegoehkusuma
wah.. dalam sekali.. ini bener2 baru tahu.
terimakasih terimakasih buat pencerahannya

@S surya
waduh yang itu gak tau :)
mungkin ada temen lain yang tahu?
bisa info??

@kgo
amin.. moga masih banyak yang mau belajar kebudayaan kita

@metaljoni
dino jangkep iku opo yo?

29 Your Avatar   Erik { 06.17.11 at 4:15 pm }

Thanks banget Bro Octa atas infonya
baru tau saya ada artinya ^^

30 Your Avatar   oktaendy { 06.17.11 at 4:30 pm }

sama sama bro..
di bagian komen banyak rekan rekan yang menambahkan.

31 Your Avatar   hsigit { 07.08.11 at 1:05 pm }

ckckck, huebat2 panjenengan sedaya. sebagai orang jawa saya sangat setuju untuk slalu mempertahankan budaya jawa. JAWA itu memang sangat luar biasa. setelah bertahun2 di jakarta dan belajar beberapa bahasa kaya english, dll… bahasa JAWA yang paling bagus dan sangat “ngena” bila diucapkan. beda banget rasanya, apalagi kalau dipakai DOA. kok lebih sreg n gmna gitu. anw kalau ada informasi ttg bahasa jawa beserta undi2nya silahkan di share ke saya di choklat_maniez@yahoo.com. fb : Hubertus Sigit. matur suwun… salam, sigit.

32 Your Avatar   eko KEDIRI { 10.29.11 at 2:41 pm }

matur sembah nuwun kanthi sanget, mugi Gusti Kang Moho Asih tansah paring rahayu wilujeng kagem panjenengan ugi kito sedoyo ingkang tansah nguri uri budoyo jawi….. amin…

33 Your Avatar   Citra { 04.10.12 at 3:47 am }

Mas, saya cm mau tny bagaimana menulis nama saya (Citra) dlm aksara Jawa. Saya coba2 sendiri tapi takut salah. Eyang saya wis lali x) Terima Kasih :)

34 Your Avatar   rizki putrinya pak sumadyo { 04.17.12 at 1:41 pm }

wah la yo asikkkk ini…..
kulo niki keturunan jawi,, nangeng mboten saget bhoso jawi
enten seng saget marai mboten???

35 Your Avatar   libert { 07.25.12 at 3:32 pm }

Tulisannya menarik, nah……. skrg mari kita kenal lebih dalem lg suku kata dari HaNaCaRaKa iya mba, siapa tau kita jadi penuai badai protesan byk orang………..

36 Your Avatar   wikwik biru-koneng salawasna { 09.07.12 at 2:57 pm }

sayangnya, di sekolah dasar/menengah/atas.. pelajaran tentang tulisan kuno tersebut, tidak dipelajarkan.. sulit kalo untuk mempelajarinya sendiri di luar jam sekolah..

hatur nuhun pisan kangge sadaya bahasan na…
share terus tentang budaya kuno bangsa kita..

37 Your Avatar   Rama { 11.15.12 at 1:10 am }

Hanacaraka emank bukan skedar kata2,,,
Konon,,bila di baca dngan ejaan terbalik lalu di tiupkan ke ubun2,i-allah akan bs mnangkal sihir atau smacam’y,tentu’y dngan niat yg tulus. Smga bermanfaat.

38 Your Avatar   Yulia { 01.23.13 at 6:27 pm }

Mas Endy,
Boleh minta kopian Huruf Jawa Hanacaraka beserta pasangan & sandangannya?? Trims sebelumnya.
Tolong kirim ke email saya : yuliahs@aol.com

39 Your Avatar   die juna { 07.31.13 at 7:28 pm }

Permisi dengan hormat, saya orang sunda….
Saya berpendapatan bahwa aksara di atas bukan aksara jawa, tp aksara (sunda) kebuktian-kebuktian ada di jawa barat peninggalan sang ratu dewata maha raja sri baduga.
Jadi versi sunda dan jawa beda tpi hampir sama.
Terimakasih.

40 Your Avatar   farrah { 09.30.13 at 5:16 pm }

wihh harus dihafalin semua nya nih kalau mau pinter B.Jawa hahaha

Leave a Comment